Sunday, May 18, 2008

Cara Mengakses Situs Terblokir dengan Menggunakan Proxy

Anda kesal karena akses anda ke Multiply, mySpace, dan YouTube di-blok karena alasan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan anda?
Atau anda kesal karena saat browsing anda mendapatkan hasil seperti screenshot di bawah ini?

Jika demikian, saya akan ceritakan kepada anda satu dari sekian banyak cara untuk mengakses situs-situs terblokir dengan menggunakan proxy yang sudah turun temurun digunakan oleh anak-anak President University, Cikarang Baru, Jababeka, halah... Cara ini bisa juga anda gunakan untuk mengakses Multiply, Youtube, mySpace, dan lain-lain yang diblok oleh "certain someone on earth".

Pada demo ini, browser yang saya gunakan adalah mozilla firefox. Browser lain pun dapat melakukan hal ini karena pada dasarnya sama saja, yaitu mengubah cara koneksi internet, dari 'direct connection' menjadi 'proxy connection'.

Langkah 1:
Pada browser anda, klik Tools.

Langkah 2:
Pada menu tools, pilih Options.

Langkah 3: pada window Option yang muncul, pilih menu Advanced
Langkah 4: pada menu Advanced tersebut, pilih tab Network
Langkah 5: pada tab Network, klik tombol Settings...



Langkah 6: Pada window Connection Settings yang muncul, pilih Manual proxy configuration.
Langkah 7: Pada textbox HTTP proxy, masukkan nilai dari proxy yang ingin anda pakai. Pada contoh ini proxy yang dipakai adalah 165.228.131.10

Langkah 8: Pada textbox port, masukkan nilai port dari proxy yang anda pakai. Pada contoh ini, port dari proxy yang digunakan adalah 3128


Langkah terakhir: Simpan perubahan yang anda lakukan pada connection settings dengan menekan tombol OK. Lalu tekan tombol OK lagi pada window Options.

Jika sudah, cobalah akses situs yang anda inginkan.


Selain proxy 165.228.131.10, masih banyak lagi proxy yang dapat anda gunakan. Proxy-proxy tersebut bisa anda lihat di http://www.proxy4free.com/page1.html.

Jika anda sudah tidak ingin menggunakan proxy lagi, kembalikan saja connection settings anda ke pilihan Direct Connection to the Internet.

Selamat mencUba:)

No comments: